PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA
Nama : Radha Maulidah
Kelas : A
NIM : 2330111720304
Topik 4 “Pembelajaran pada Zone of Proximal Development (ZPD)”
MERDEKA
A – Aksi Nyata
Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan
pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti
dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan
caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja,
atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu
Anda menuliskan blog:
Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses
pembelajaran?
Jawaban:
Yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran
yaitu konsep ZPD yang merupakan teori yang dikembangkan oleh Vygotsky. ZPD
adalah jarak antara tingkat perkembangan aktual yang dimiliki peserta didik dan
tingkat perkembangan yang dapat dicapai melalui bimbingan atau bantuan dari
orang lain. Namun, saya masih belum memahami secara mendalam bagaimana ZPD
berpengaruh pada peserta didik.
Eksplorasi
Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Jawaban:
Yang saya pelajari dari eksplorasi konsep dalam topik ini adalah dalam
konteks pendidikan, ZPD menyoroti peran interaksi sosial dalam pembelajaran.
Guru memiliki peran kunci dalam membantu peserta didik melewati batas kemampuan
mereka dengan memberikan bimbingan sesuai dengan tingkat kesiapan mereka.
Konsep ZPD mendorong kolaborasi di antara peserta didik, memungkinkan mereka
saling membantu. Peserta didik yang lebih ahli dalam suatu mata pelajaran dapat
mendukung teman sebaya yang mungkin membutuhkan bantuan. Pendekatan ini tidak
hanya memfasilitasi transfer pengetahuan dari guru ke peserta didik, tetapi
juga menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan kolaboratif.
Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda
dalam ruang kolaborasi?
Jawaban:
Dalam ruang kolaborasi, saya dan rekan-rekan saya mempelajari bersama
tentang berbagi pemikiran mengenai pembelajaran "Zone of Proximal
Development (ZPD)". Melalui kegiatan tersebut, membantu saya mengetahui
ZPD dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Kami membahas tentang bagaimana menemukan
ZPD dan meningkatkan kesiapan dalam mengaplikasikan konsep ini dalam pendidikan.
Demonstrasi
Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual
yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri
sendiri)?
Jawaban:
Dalam proses demonstrasi kontekstual yang dilakukan bersama rekan
kelompok, saya menyadari bahwa konsep Zone of Proximal Development (ZPD)
merupakan konsep yang sangat penting dalam pendidikan dan pembelajaran. ZPD
adalah zona yang terletak diantara tingkat perkembangan aktual dan tingkat
perkembangan potensial peserta didik, yang dapat dicapai melalui bantuan
eksternal seperti bimbingan, dukungan, dan kolaborasi dengan orang lain. Dengan
memahami konsep ini, guru dapat membantu peserta didik dalam mencapai potensi
terbaik mereka, meningkatkan kesiapan mereka dalam mengajar, dan membantu peserta
didik dalam mencapai tingkat tantangan yang sesuai dengan kemampuan mereka.
Elaborasi
Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Jawaban:
Yang sudah saya pahami tentang topik ini yaitu bahwa pembelajaran dalam
ZPD memiliki beberapa implikasi penting, seperti menekankan pentingnya peran
guru dalam membantu peserta didik mencapai potensi maksimal mereka dan
memanfaatkan scaffolding untuk mencapai ZPD. Saya juga pahami bahwa penerapan
ZPD dapat dilakukan melalui berbagai strategi, seperti mengajukan pertanyaan
yang memicu pemikiran kritis, memberikan tugas yang menantang, dan memberikan
umpan balik konstruktif.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal
sebelum pembelajaran dimulai?
Jawaban:
Hal baru yang saya pahami adalah pentingnya penyesuaian pendekatan guru
sesuai dengan ZPD peserta didik, memungkinkan mereka mengatasi tantangan dengan
bimbingan yang tepat. Pemahaman ini menjadi dasar bagi guru dalam merencanakan
pembelajaran yang mendukung pertumbuhan holistik peserta didik.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Jawaban:
Yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu memahami cara mengidentifikasi
ZPD secara mendalam untuk setiap peserta didik, serta strategi pembelajaran
yang dapat disesuaikan untuk mencapai ZPD optimal dalam konteks keberagaman
individu.
Koneksi Antar
Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata
kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Jawaban:
Saya memperoleh pemahaman tentang hubungan antar materi, di dalam mata
kuliah yang berbeda. Kesadaran ini menunjukkan bahwa setiap konsep atau topik
yang dipelajari memiliki peran penting dalam membangun fondasi pengetahuan yang
kokoh, memungkinkan integrasi pengetahuan dan kemampuan yang holistik. Dengan
demikian, hubungan antar materi tidak hanya mengoptimalkan pemahaman saat ini
tetapi juga mempersiapkan landasan yang kuat untuk pemahaman materi-materi masa
depan.
Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Jawaban:
Manfaat mempelajari Zona of Promixal Development (ZPD) untuk kesiapan
saya sebagai guru adalah saya dapat mengidentifikasi tingkat kemampuan peserta
didik dan merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan ZPD mereka. Ini
memungkinkan saya membuat aktivitas belajar yang maksimal, memberikan bantuan
yang tepat, dan mendukung perkembangan mandiri peserta didik.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa
alasannya?
Jawaban:
Saya menilai kesiapan diri saat saya ini dengan nilai 7. Saya menyadari
perlu meningkatkan pemahaman terkait ZPD, terutama dalam konteks pendidikan
Indonesia, kurikulum yang berlaku dan keadaan/kondisi peserta didik di kelas
yang akan di ampu. Melakukan praktek mengajar, meningkatkan keterampilan
komunikasi, dan refleksi berkanjutan menjadi fokus peningkatan kesiapan. Dengan
persiapan ini, saya yakin dapat mengimplementasikan konsep ZPD dengan lebih
efektif.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya
dengan optimal?
Jawaban:
Yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan
optimal adalah menambah pengetahuan saya terkait pembelajaran ZPD yang melibatkan
perspketif sosiokultural. Dan mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik
sehingga dapat memberikan bimbingan dan arahan yang tepat untuk meningkatkan
potensi setiap peserta didik. Selain itu, menyusun strategi pembelajaran yang
dapat memenuhi kebutuhan dan berpusat pada peserta didik sehingga terciptanya
pembelajaran yang efektif dan bermakna.


Komentar
Posting Komentar